IMPLEMENTASI SPANNING TREE PROTOCOL (STP), VIRTUAL LAN (VLAN), DAN ACCESS LIST (ACL) PADA JARINGAN KOMPUTER BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN JAKARTA

  • Hafdiarsya Saiyar
  • Mohammad Noviansyah

Abstract

Sektor Perkembangan teknologi jaringan komputer telah banyak seiring dengan kebutuhan perusahaan akan sistem jaringan komputer yang handal, tetapi memiliki struktur sesederhana mungkin. Dalam keseharianya Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta menggunakan jaringan komputer sebagai sarana penunjang pekerjaan. BBPK sendiri menggunakan jenis jaringan Local Area Network (LAN). Permasalahan yang ditemui antara lain adalah sering terjadinya looping diperangkat switch sehingga membuat internet menjadi lambat, permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan metode Spanning Tree Protocol untuk menghentikan loop yang terjadi. Belum adanya batasan akses antar divisi, hal ini memungkinkan user yang tidak dikenal atau tidak diizinkan dapat mengakses data yang ada pada BBPK, dalam hal ini penulis menerapkan VLAN untuk memberikan hak akses pada setiap divisi. Dan permasalahan yang terakhir yang terjadi pada kantor BBPK yaitu masih mudahnya beberapa bagian atau divisi mengakses server dengan bebas, sehingga kebocoran data dapat terjadi, untuk mengatasi masalah tersebut penulis mengaktifkan fitur Access List yang ada pada perangkat Router agar dapat membatasi bagian mana saja yang boleh mengakses server.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, E. Y. dan R. I. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Edy Winarno ST, M. E.-A. Z.-S. 2013. Membuat Sendiri Jaringan Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hadi, A. 2016. Administrasi Jaringan Kom-puter. Jakarta: Kencana.

Handono, F. W., Studi, P., Informatika, M., & Pendahuluan, I. 2016. KAJIAN IP VIRTUAL (VIRTUAL SERVER) TER-HADAP KEAMANAN JARINGAN, XVIII (1), 21–27.

Haqqi, M., & Badrul, M. 2016. SEG-MENTASI JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK (STUDY KASUS PT . JALUR NUGRAHA EKAKURIR), II (2), 7–16.

Irawan. 2013. Jaringan Komputer Untuk Orang Awam (ke-2). Palembang: Maxi-kom.

Iwan Sofana. 2013. CISCO CCNP DAN JARINGAN KOMPUTER. Bandung: Informatika Bandung.

Komputer, W. 2014. Mudah Belajar Mikrotik Pake Metode Virtualisasi. Yogyakarta: ANDI.

Madcoms. 2015a. Mudah Membangun Jari-ngan Wireless Untuk Pemula. Yog-yakarta: ANDI.
Published
2019-08-04
How to Cite
SAIYAR, Hafdiarsya; NOVIANSYAH, Mohammad. IMPLEMENTASI SPANNING TREE PROTOCOL (STP), VIRTUAL LAN (VLAN), DAN ACCESS LIST (ACL) PADA JARINGAN KOMPUTER BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN JAKARTA. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 43-53, aug. 2019. ISSN 2620-9861. Available at: <http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/659>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles