PENGARUH KUALITASPELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN SERTA SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA BATAM

  • Dian Efriyenty Universitas Putra Batam

Abstract

Penelitian ini meneliti dari Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Utara.Penelitian ini diharapkan untuk wajib pajak orang pribadi hendaknya dapat lebih meningkatkan kepatuhannya dalam memenuhi kewajiban pajaknya, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perpajakan, sehingga wajib pajak dapat berlaku jujur dalam melaporkan pajaknya.Kurang responsifnya institusi pelaksana pelayanan pajak akan berdampak pada berkurangnya kepatuhan masyarakat terhadap institusi pelayanan pajak. Di Indonesia, pengetahuan dan pemahaman wajib pajak masih cukup rendah. Pemahaman wajib pajak yang masih cukup rendahdapat dilihat dari masih ada wajib pajak yang belum memahami Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, dan masih ada wajib pajak yang melakukan kesalahan dalam pengisian SPT Tahunan.Berbagai macam sanksi pajak yang dikenakan kepada wajib pajak yang melanggar peraturan perpajakan dianggap memberatkan bagi wajib pajak sehingga banyak wajib pajak yang kemudian enggan untuk memenuhi kewajiban pajaknya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayu Caroko, Heru Susilo, dan Zahroh Z.A. (2015). “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak”. Jurnal Perpajakan(JEJAK) (Vol. 1 No. 1). Hlm. 1-10. Program Studi Perpajakan FakultasIlmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
Chaerunnisa. (2010). Perpajakan Indonesia:Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghozali, Imam (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Edisi Delapan. Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Husein, Umar. 2010, Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mir’atusholihah, Srikandi Kumadji, dan Bambang Ismono. (2014). “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak UMKM di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)”.Jurnal. Hlm. 1-10. Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
NirawanAdiasa. (2013). “Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating”.Skripsi.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Sony Devano dan Siti Kurnia Rahayu. (2006). Perpajakan: Konsep, Teori danIsu. Jakarta: Kencana.
Sri Rustiyaningsih. (2011). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak”.Jurnal Widya Warta (No 02 Tahun XXXV). Hlm 1-11. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala, Madiun.
Sukandarrumidi.(2006). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk PenelitiPemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wibowo, Agung Edi. 2012, “Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian Cetakan I”, Gava Media, Yogyakarta.
Published
2017-08-29
How to Cite
EFRIYENTY, Dian. PENGARUH KUALITASPELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN SERTA SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA BATAM. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 49-62, aug. 2017. ISSN 2620-9861. Available at: <http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/49>. Date accessed: 13 may 2024.
Section
Articles